Terakhir kali Xiaomi meluncurkan ponsel pintar Redmi Note dengan dua prosesor berbeda adalah Redmi Observe 4. Awalnya diluncurkan dengan prosesor Helio X20 dan sekitar 5 bulan kemudian, versi Snapdragon 625 yang lebih bertenaga diumumkan oleh pabrikan smartphone asal Cina ini.

Nah! Rumornya, hal yang sama akan dilakukan oleh Xiaomi dengan Redmi Be aware 8 Professional. Seperti yang kita tahu, Redmi Take note 8 Professional telah meluncur dengan chipset Helio G90T besutan MediaTek. Ketika diluncurkan, ada sedikit keraguan mengenai chipset yang disematkan, karena berasal dari MediaTek.

Tetapi, sejumlah reviewer menuliskan bahwa chipset yang ada pada Redmi Be aware 8 Pro menunjukkan kinerjanya di atas rata-rata. Artinya, chipset buatan MediaTek yang fokus pada gaming ini mampu menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan chipset sekelasnya.

Namun, informasi terbaru telah muncul dan mengungkapkan akan ada versi Redmi Be aware 8 Professional dengan dukungan chipset Snapdragon 730G. Informasi tersebut datangnya dari pengguna Twitter dengan akun @xiaomishka yang beberapa waktu lalu sudah berkicau mengenai perangkat tersebut.

Ia menuliskan bahwa ada ponsel pintar baru dengan nomor product M1912G7BE dan M1912G7BC yang muncul di databases China Communications Fee (3C). Diduga kuat, itu adalah Redmi Note 8 Professional yag ditenagai chipset Snapdragon 730G dari Qualcomm.

Sebelumnya, juga ada bocoran yang menyebutkan bahwa nomor model yang dituliskan oleh @xiaomishka mungkin untuk POCO F2, tetapi informasi terbaru ini mengatakan sebaliknya. Ya! Xiaomi sendiri hingga saat ini belum mengonfirmasi hal itu, jadi ada baiknya ini kalian anggap sebagai sebuah rumor.

Jika benar Xiaomi akan meramu Redmi Take note 8 Professional dengan chipset Snapdragon 730G, sudah pasti smartphone ini akan diterima dengan baik. Ini juga menjadi alternatif untuk ponsel pintar seperti OPPO Reno2, realme X2 dan realme XT 730G yang dijadwalkan akan dirilis di India pada akhir tahun ini.

@xiaomishka juga menambahkan dalam kicauannya bahwa Redmi K30 dengan nomor design M1911U2E yang punya dukungan 5G dan disokong chipset MediaTek akan diluncurkan pada bulan Desember tahun ini. Ya! Terkait dengan desain, Redmi K30 disebut-sebut akan memiliki layar punch-hole dua kamera yang mirip dengan Galaxy S10+.

Xiaomi sendiri telah mengumumkan kehadiran Redmi Note 8 Pro beberapa bulan lalu dan smartphone ini juga sudah dijual di pasar Indonesia. Redmi Observe 8 Professional memiliki layar IPS Lcd berukuran 6,53 inci dengan poni waterdrop yang menampung lensa untuk kamera depan 20 MP.

Helio G90T yang menjadi otak dari smartphone ini dipasangkan dengan RAM 6 GB dan 8 GB serta penyimpanan hingga 128 dengan teknologi UFS 2.1. Kamera 64 MP duduk manis di bagian belakang perangkat bersama dengan kamera extremely-large 8 MP, kamera makrro 2 MP dan sensor kedalaman 2 MP.