Beberapa waktu lalu kita sudah disuguhkan laporan dari Canalys yang mengungkap 10 smartphone paling laris di pasar world-wide pada kuartal pertama 2020. Canalys menempatkan Iphone 11 yang diproduksi oleh Apple sebagai ponsel pintar yang laku terjual. Tercatat, lebih dari 18 juta device Apple iphone 11 telah terjual di pasar world.

Namun, laporan yang baru-baru ini dirilis oleh Approach Analytics menyajikan information yang berbeda. Disebukan bahwa smartphone yang paling laris dibeli oleh banyak orang (finest-selling smartphone) pada kuartal pertama tahun ini di pasar world wide adalah Galaxy A51 buatan Samsung.

Tactic Analytics mencatat bahwa Samsung berhasil menjual Galaxy A51 sebanyak 6 juta device di pasar world wide atau meraih pangsa pasar sebesar 2,3 persen. Galaxy A51 dirilis oleh Samsung pada bulan Desember tahun lalu dan memang merupakan model mid-vary top quality yang menjadi incaran.

Seperti yang sudah kita tahu, A Collection merupkan respon Samsung terhadap pasar yang terus menurun yang disebabkan oleh serbuan design smartphone yang lebih murah dari OEM Cina beberapa tahun belakangan ini. Kini, A Series garapan Samsung dan mid-range lainnya telah menunjukkan sebuah keberhasilan.

Dalam laporannya, Approach Analytics juga mengatakan bahwa Galaxy A51 yang disokong dengan jaringan 4G begitu populer di banyak wilayah, terutama di seluruh Eropa dan Asia. Jadi, cukup masuk akal jika Samsung pun begitu getol untuk terus memperkaya portofolio lini A Sequence yang dikembangkannya.

Sementara, di bawah Galaxy A51 ada smartphone angaran milik Redmi, yakni Redmi 8 yang harus puas berada di posisi kedua. Strategy Analytics mencatat bahwa Redmi 8 sebagai model smartphone terlaris kedua punya pangsa pasar sebesar 1,9 persen.

Perusahaan riset itu mengungkapkan bahwa jajaran smartphone Redmi terjual sangat baik di India dan Cina. Selain itu, kepopulerannya juga terus meningkat di seluruh Eropa. Sementara, Galaxy S20+ berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 1,7 persen.

Samsung Galaxy S20+ juga tercatat menjadi satu-satunya model tremendous-premium yang muncul di peringkat enam teratas. Beberapa smartphone lainnya yang masuk ke dalam enam besar adalah Galaxy A10s (1,6 persen), Redmi Take note 8 (1,6 persen) dan Galaxy A20s (1,4 persen).

Linda Sui, Direktur Approach Analytics, mengatakan, “Pengiriman smartphone world wide mencapai complete 275 juta device pada Q1 2020. Segmen Android menyumbang 86 persen pangsa dominan dari semua smartphone yang dikirim ke seluruh dunia dalam kuartal ini. Sebagian besar smartphone yang dijual secara worldwide saat ini adalah design Android.”