Sebulan yang lalu Redmi, sub-brand name dari Xiaomi sudah merilis Redmi K30 Professional. Datang sebagai smartphone andalan, Redmi K30 Professional sudah ditenagai chipset Snapdragon 865. Nah! Sebuah laporan menyebutkan bahwa Redmi K30 Pro akan meluncur di India dengan nama yang berbeda.

Tidak perlu terkejut, Redmi K30 Professional disebut-sebut akan melenggang di India sebagai POCO F2. Memang cukup masuk akal, pasalnya POCO telah “menjual ulang” Redmi K30 sebagai POCO X2 yang melenggang resmi pada awal Februari lalu di India.

Namun, C Manmohan, Typical Supervisor merek POCO mengatakan bahwa POCO F2 tidak akan menjadi versi Redmi K30 Professional yang telah diganti merek. Sekarang, sebuah laporan terbaru telah muncul secara on the internet yang mengungkapkan bahwa Redmi K30 Pro akan diluncurkan sebagai POCO F2 Professional di India.

Bocoran yang muncul di halaman dukungan Google Engage in mengungkapkan bahwa POCO F2 Pro datang dengan code identify “Imi”, yang merupakan code name yang sama dengan Redmi K30 Pro. Ini sekaligus menegaskan bahwa POCO F2 Pro memang Redmi K30 Professional.

Jika informasi ini benar, maka seri POCO F2 yang akan datang akan terdiri dari setidaknya dua model, yakni POCO F2 dan varian yang lebih tinggi, yang dijuluki sebagai POCO F2 Professional. Tentu saja ini akan sangat menarik dan tentunya kita akan menunggu perbedaan dari keduanya terkait dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Karena POCO F2 Pro adalah “re-brand” dari Redmi K30 Pro, sudah bisa ditebak bahwa smartphone ini akan datang dengan kamera depan yang bisa naik turun alias pop-up. Sementara, empat kamera di bagian belakang akan dhimpun dalam satu modul berbentuk lingkaran. Tentu saja, smartphone ini juga akan ditenagai SoC Snapdragon 865.

Di sektor tampilan, smartphone ini akan punya layar FullHD+ berukuran 6,67 inci. Kamera depannya adalah 20 MP, sementara pengaturan empat kamera di bagian belakang mencakup sensor primer 64 MP, lensa tremendous extremely-extensive 13 MP, lensa telefoto 5 MP dan sensor kedalaman 2 MP. Baterainya 4.700 mAh dengan pengisian cepat 33W.

Namun, kita masih harus melihat seperti apa rencana POCO untuk mengembangkan POCO F2. Sejauh yang kita sudah dengar, POCO F2 memang dikembangkan untuk meneruskan perjalanan POCO F1 yang meluncur pada bulan Maret 2018 lalu. Ya! POCO F1 (Pocophone F1) juga datang sebagai perangkat andalan yang ditenagai Snapdragon 845.

Meskipun tidak banyak informasi yang tersedia mengenai POCO F2, tentunya kita berharap POCO mau meluncurkan smartphone tersebut, termasuk POCO F2 Professional paling cepat bulan depan. Dan kita juga berharap, beberapa minggu ke depan bocoran kedua smartphone ini sudah mulai terungkap lebih jelas.

Untuk kalian yang belum tahu, merek POCO telah dipecah sebagai perusahaan independen oleh Xiaomi pada awal tahun ini. Langkah ini diambil saat merek tersebut “dianggap mati” mengingat pada eksekutifnya telah meninggalkan perusahaan, dan POCO belum juga meluncurkan produk apa pun selain POCO F1.

Awal tahun ini, segera setelah POCO menjadi merek independen, smartphone POCO X2 diluncurkan di pasar India. Seperti yang telah disebutkan, POCO X2 adalah Redmi K30 yang berganti merek. Masih harus dilihat, bagaimana Xiaomi memposisikan merek POCO dan Redmi K-series mengingat keduanya berada dalam segmen harga yang sama.