Pixel 3a dan Pixel 3a XL diperkenalkan oleh Google pada tahun lalu di acara Google I/O 2019. Nah! Karena pandemi COVID-19, raksasa teknologi yang berbasis di Mountain Look at ini batal menggelar Google I/O 2020. Padahal, tak sedikit yang memperkirakan bahwa Google akan memperkenalkan Pixel 4a di acara tersebut.

Tidak patah arang, Google dikabarkan akan tetap memperkenalkan Pixel 4a dalam sebuah acara yang dikemas secara on line (dwell streaming). Mengutip dokumen interior sebagai sumber yang bisa dipercaya, publikasi di Jerman mengklaim bahwa Pixel 4a kemungkinan akan tersedia untuk dijual mulai 22 Mei.

Laporan tersebut menyatakan bahwa Vodafone Jerman bakal menjual Pixel 4a mulai dari tanggal yang sudah disebutkan. Sayangnya, tidak ada kejelasan apakah Google benar-benar akan menggelar acara peluncuran on the internet untuk Pixel 4a atau akan langsung menghantam toko-toko ritel dalam pembukaannya.

Kabar lainnya menyebutkan, handset Pixel 4a diperkirakan akan dibanderol dengan harga US$ 399 atau sekitar Rp6 jutaan jika dikonversi dengan nilai tukar saat ini. Selan itu, belum ada kabar, selain Jerman, negara mana saja yang memiliki kesempatan lebih awal untuk memasarkan smartphone tersebut.

Berbicara mengenai spesifikasinya, bocoran sebelumnya menyebutkan bahwa Pixel 4a kemungkinan akan memiliki layar OLED berukuran 5,81 inci dengan punch-hole di sudut kiri atas. Resolusi layarnya FullHD+ alias 1.080 x 2.340 piksel. Diharapkan, smartphone ini akan dibekali chipset Snapdragon 730 dari Qualcomm.

Sementara itu, untuk catu daya, Google diharapkan membenamkan baterai berkapasitas 3.080 mAh yang sudah mendukung pengisian cepat 18W. Smartphone ini juga diperkirakan masih akan datang dengan pemindai sidik jari “konvensional” yang diletakkan di bagian belakang perangkat dan ada dukungan jack audio 3,5mm.

Pixel 4a diperkirakan akan memiliki kamera depan 8 MP. Cangkang belakang perangkat ini memiliki rumah kamera berbentuk persegi. Ada dukungan LED flash yang membantu kerja kamera tunggal 12,2 MP. Handset ini diperkirakan akan tiba dengan penyimpanan interior 64 GB dan 128 GB. Just Black dan Hardly Blue adalah warna yang ditawarkan.

ROGP2