Awal tahun ini, HMD International sebagai pabrikan smartphone yang memegang penuh brand name Nokia telah mengumumkan beberapa perangkat terbarunya. Ada Nokia 8.3 yang merupakan smartphone 5G pertama dari HMD International. Selain itu, ada juga Nokia 5.3 dan Nokia 1.3 serta Nokia 5310 yang kembali dihidupkan.

Rumor terbaru yang tidak kalah menarik, HMD World disebut-sebut sedang mempersiapkan satu smartphone terbaru lainnya, yang dikatakan itu sebagai Nokia 6.3. Sebuah laporan yang keluar dari MySmartPrice mengatakan bahwa Nokia 6.3 akan segera datang dan laporan tersebut juga mengungkap spesifikasi hardware yang bakal dibawa.

Siap bertarung di segmen mid-range, Nokia 6.3 kabarnya akan dibekali chipset Snapdragon 670 atau Snapdragon 675. Harus dakui, kedua chipset tersebut mungkin bukan chipset yang diharapkan untuk menghiasi smartphone di tahun 2020, tetapi keduanya merupakan pilihan terbaik karena pendahulunya hanya dibekali Snapdragon 636.

Berdasarkan informasi tersebut, tak sedikit yang berspekulasi bahwa HMD World berkeinginan tinggi untuk menjual Nokia 6.3 dengan harga yang lebih terjangkau di mata konsumennya. Nah! Spekulasi lainnya, HMD Worldwide baru akan menggunakan chipset kekinian, yakni Snapdragon 730G pada Nokia 7.3.

Masih dari sumber yang sama, dilaporkan bahwa Nokia 6.3 akan memiliki empat kamera di bagian belakang, di mana HMD Worldwide masih percaya diri untuk menggunakan lensa buatan Zeiss. Sayangnya, tidak ada informasi tentang konfigurasi kameranya, namun kamera depannya dikatakan akan punya sensor 16 MP.

Terkait dengan desain yang ditawarkan, Nokia 6.3 besar kemungkinan akan datang dengan layar yang memiliki poni “tetesan air mata”, seperti pendahulunya. Layarnya juga akan dibekali dengan chipset tampilan PixelWorks untuk meningkatkan SDR ke HDR.

Lantas, kapan HMD Global akan meluncurkan Nokia 6.3? Diperkirakan pabrikan smartphone yang berbasis di Finlandia ini akan mengagendakan peluncuran Nokia 6.3 pada kuartal ketiga di tahun ini. Masih ada beberapa bulan dan tentunya HMD World juga berharap kehadiran Nokia 6.3 ini bisa tepat waktu.