MediaTek kembali mengumumkan chipset Helio G Sequence terbarunya. Kali ini yang terbaru diperkenalkan oleh MediaTek adalah Helio G85. Chipset ini memulai debutnya di Redmi Be aware 9 yang baru saja diumumkan kehadirannya oleh Redmi beberapa waktu lalu.

Lantas, fitur apa saja yang dibawa oleh chipset yang diklaim sebagai “chipset gaming” terbaru ini? Chipset Helio G85 tba hampir tiga bulan setelah kedatangan Helio G80. Sepert yang kita sudah tahu bersama, Helio G80 memulai debutnya secara world-wide di dalam smartphone realme 6i.

MediaTek sendiri meramu Helio G85 dengan fabrikasi 12nm dan menempel pada pengaturan inti 2 + 6. Jadi, chipset ini datang dengan 2 x core Cortex-A75 dengan clock speed 2, GHz dan 6 x Cortex-A55 yang kecepatan clock-nya belum diketahui. Ya! Pengaturan inti dan kecepatan yang sama dengan Helio G80.

Jadi, bedanya dengan Helio G80 tampaknya ada pada kecepatan clock GPU yang dimiliki. Berdasarkan lembar spesifikasi Redmi Observe 9, GPU Mali G52 dari Helio G85 memiliki clock velocity 1.000 MHz, sedangkan halaman spesifikasi Helio G80 mengatakan GPU clock-nya hanya 950 MHz.

Ya! Perbedaan clock GPU-nya hanya 50 MHz, tentu saja hal ini tidak akan terlihat secara signifikan. Tentunya kita berharap, MediaTek mau berbagi informasi yang lebih lengkap mengenai Helio G85. Dengan begitu, kita akan bisa melihat beberapa perbedaan lainnya dari Helio G85 dengan Helio G80.

Menurut hasil tolok ukur yang ditampilkan oleh Redmi selama acara peluncuran Redmi Observe 9 beberapa waktu lalu, Helio G85 yang bercokol di dalam smartphone tersebut berhasil mengalahkan Exynos 9611 dan Snapdragon 665 tanpa margin yang kecil.

Berdasarkan hal di atas Helio G85 memang menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 665 yang mendukung Redmi Notice 8. Namun, yang tentunya membuat banyak orang penasaran, mengapa MediaTek mau menciptakan Helio G85, sementara Helio G80 memiliki performa yang tidak berbeda jauh.