MediaTek kembali mengumumkan kehadiran chipset barunya, Helio G35 dan Helio G25. Kedua chipset ini sengaja dihadirkan untuk smartphone gaming yang dijual dengan harga terjangkau. Baik G35 maupun G25 memiliki arsitektur yang sama dan dibangun dengan fabrikasi 12nm.

Helio G35, yang datang dengan fabrikasi 12nm dan CPU Octa-core, semua intinya adalah Cortex-A53. Clock velocity yang dimiliki berjalan pada 2,3 GHz dan dapat dipasangkan dengan RAM hingga 6 GB LPDDR4x dengan clock pace 1.600 MHz. Untuk penyimpanan, eMMC 5.1 adalah satu-satunya pilihan.

Chipset ini jua sudah dibekali GPU PowerVR E8320 dari Creativeness, berjalan pada 680 MHz. HyperEngine yang dikembangkan oleh MediaTek secara dinamis dapat menyesuaikan CPU, PU dan memori berdasarkan termal serta tarikan daya. GPU yang sama juga digunakan dalam SoC Helio P35.

Seperti yang telah disebutkan, Helio G25 memiliki arsitektur yang sama dengan G35, tetapi clock pace-nya lebih rendah. CPU turun ke 2, GHz, sementara GPU turun menjadi 650 MHz. Perbedaan yang lebih mencolok adalah Helio 35 mendukung layar dengan resolusi 1.080p+, sedangkan Helio G25 mentok di 720p+.

Terkait dengan urusan fotografi, MediaTek telah membekali kedua chipset entry-levelnya ini dengan beberapa fitur menarik, termasuk Multi-Body Sound Reduction, Digital Image Stabilization dan Rolling Shutter Payment. Jika sensor kedalaman tersedia, chipset ini dapat memberikan efek bokeh.

Helio 35 dapat diunakan denan dukungan kamera hingga 25 MP atau 13 MP + 13 MP jika menggunakan pengaturan kamera ganda. Sekali lagi, kemampuan Helio G25 diturunkan ke kamera 21 MP atau 13 MP + 8 MP. Keduanya dapat merekam online video FullHD pada 30fps menggunakan codec H.264.

Dalam hal konektivitas, kedua chipset ini sama. Mereka dapat melakukan VoLTE dan ViLTE pada dua koneksi 4G. HyperEngine dapat beralih antara WiFi dan LTE hanya dalam waktu 13 milidetik untuk mempertahankan koneksi yang cepat dan stabil.

Ada juga dukungan WiFi 5 (ac), Bluetooth 5. serta penerima radio FM. Helio G35 sudah dipakai oleh realme C11 dan Redmi 9C. Sementara, Helio G25 sudah terpasang di dalam tubuh Redmi 9A. Ketiga ponsel pintar ini sudah siap dijual di bulan ini dengan harga Rp1 jutaan.