Hingga kini pandemi COVID-19 di banyak negara belum selesai. Imbasnya, pandemi ini menghajar banyak sektor, termasuk sektor teknologi yang di dalamnya ada industri smartphone. Bahkan tercatat, penjualan smartphone pada kuartal pertama di tahun ini turun tajam.

Meski begitu, beberapa smartphone yang diperkenalkan oleh sejumlah pabrikan masih terjual lebih baik dari yang lainnya pada kuartal pertama di tahun ini. Seperti yang diinformasikan oleh Canalys lewat kicauannya di Twitter, mereka mengungkap 10 product smartphone di pasar worldwide yang paling laris terjual pada periode tersebut.

Menariknya, hanya tiga OEM atau pabrikan smartphone yang masuk ke dalam daftar tersebut. Ketiganya adalah Apple, Xiaomi dan Samsung. Menurut Canalys, Apple adalah pabrikan terkemuka dengan penjualan Iphone 11 lebih dari 18 juta unit. Tempat kedua dipegang oleh Redmi Be aware 8 dan Observe 8T milik Xiaomi dengan lebih dari 8 juta device.

Sedangkan Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A10s, masing-masing menempati posisi ketiga dan keempat dengan penjualan lebih dari 6 dan 5 juta unit. Tempat kelima ditaklukkan oleh perangkat Xiaomi lainnya, yakni Redmi Observe 8 Pro dengan lebih dari 5 juta unit.

Kemudian, Iphone 11 Pro Max dengan lebih dari 4 juta memegang posisi keenam. Selanjutnya, dua handset milik Samsung, Galaxy A20s dan Galaxy A01 di tempat ketujuh dan kedelapan, masing-masing terjual lebih dari 4 dan 3 juta unit. Dua posisi terakhir ditempati Redmi 8A dan Apple iphone 11 Pro, dengan masing-masing lebih dari 3 juta device.

Melihat informasi yang diberikan Canalys, jelas ada celah yang cukup besar antara posisi pertama dan kedua. Harga Iphone 11 secara agresif telah membantu Apple, sehingga design tersebut bisa dijual dengan jumlah unit yang terbilang besar. Juga, menarik untuk dicatat bahwa lebih banyak orang membeli Apple iphone Pro Max daripada Apple iphone 11 Pro.

Catatan lainnya, seri Redmi A dari Xiaomi yang ditujukan untuk pasar entry-degree rupanya kalah pamor dengan seri Redmi Observe 8. Ada pun Samsung, seperti biasanya, smartphone anggaran rendahnya, seri Galaxy A tepatnya, adalah “buku” terlaris yang menempati empat tempat sekaligus.